Alat olahraga Yang Wajib Untuk Rumahan

Sejumlah alat ini adalah investasi yang baik untuk mulai olahraga di rumah. Selain kegunaannya yang banyak, alat-alat ini bentuknya juga ringkas, mudah disimpan, dan bahkan bisa dibawa kemana pun.

1. Resistance band

Resistance band adalah seutas tali karet elastis yang digunakan untuk melatih kekuatan dan ketahanan otot. Tingkat elastisitas resistance band bermacam-macam, mulai dari rendah ke tinggi. Semakin tinggi elastisitasnya, semakin sulit tali tersebut dibentangkan sehingga otot Anda harus bekerja ekstra untuk melawannya. Bentuknya pun macam-macam. Ada yang benar-benar seperti seutas tali karet, ada yang memiliki pegangan di kedua ujungnya, ada pula yang berbentuk lingkaran.

Ada banyak cara menggunakan resistance band. Yang paling umum adalah dengan menarik kedua ujungnya ke arah berlawanan. Bisa juga dengan menginjak salah satu ujung untuk kemudian menarik ujung lainnya ke atas setinggi mungkin. Latihan squat rutin Anda juga bisa dimodifikasi dengan bantuan si karet elastis ini.

Cobalah lakukan 8-25 pengulangan (repetisi) untuk 2 sampai 3 set per latihan

2. Tali skipping

Lompat tali alias skipping adalah cara olahraga di rumah yang murah meriah untuk meningkatkan kebugaran jantung dan paru, sekaligus melatih kekuatan otot kaki. Skipping juga baik sebagai alternatif kardio untuk membakar lemak jika Anda tidak suka berlari.

Pada awalnya lakukanlah lompatan secara terus-menerus selama 30 detik, atau setara dengan 50 kali lompatan. Ulangi untuk tiga sampai empat set, istirahatlah selama 30 sampai 90 detik di sela-sela set. Secara bertahap. tingkatkan durasi lompat tali Anda menjadi 60 detik menjadi 90 detik.

Lakukan lompat tali tiga sampai empat kali dalam seminggu secara tidak berurutan. Misalnya hari ini Anda lompat tali, tapi besoknya tidak.

3. Foam roller

Foam roller adalah gulungan busa empuk yang digunakan untuk melemaskan otot-otot yang terasa kaku dan kencang sehabis olahraga berat. Foam roller juga bisa digunakan sebelum Anda berolahraga guna mencegah cedera. Foam roller juga bisa menjadi alat bantu olahraga selama yoga untuk melatih dan menguatkan keseimbangan tubuh. Manfaat lainnya dari foam roller adalah untuk menghilangkan selulit di tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *