Berbagai Alat-alat di Gym dan Fungsinya

Berbagai Alat-Alat Olahraga Fitness dan Fungsinya

Buat kamu yang masih pemula, pasti masih bingung apa saja alat-alat di gym dan fungsinya. Agar membeli pada toko olah raga fitness dan tidak salah menggunakannya, simak penjelasannya, yuk!

Macam alat gym dan fungsinya

Mungkin kamu akan merasa bingung ketika pertama kali melakukan latihan di pusat kebugaran. Agar tidak salah menggunakannya, berikut alat-alat gym di gym atau pusat kebugaran dan fungsinya, antara lain:

Treadmill

Treadmill merupakan alat yang sangat umum ditemukan di gym dan umumnya digunakan untuk latihan cardio atau pembakaran lemak. Alat ini digunakan untuk melakukan jalan atau lari di tempat.

Dengan treadmill, kamu juga bisa mengatur latihan sesuai dengan kebutuhan, seperti jalan santai, jalan cepat, jogging, dan lari menanjak. Selain itu, kamu bisa mengatur tingkat kesulitan sesuai dengan keinginan dan kemampuan.

Abs crunch machine

Alat ini digunakan untuk melakukan crunch dan menjadikannya lebih menantang dengan meningkatkan tekanan pada mesin ini. Dengan meningkatnya intensitas crunch yang kita lakukan tentu saja latihan yang ini akan memberikan kita hasil yang baik dan melatih otot perut.

Cable machine

Alat fitness ini menghubungkan gagang ke tumpukan pemberat dengan cara menarik kabel agar bergerak melalui katrol. Katrol yang digunakan bisa diatur permanen dan bisa juga disesuaikan. Alat ini pada dasarnya dapat melatih setiap otot dalam tubuh.

Static bicyle

Alat ini biasanya digunakan seperti bersepeda di dalam ruangan. Selain untuk melatih otot kaki, alat ini biasanya digunakan untuk membakar lemak atau cardio. Kecepatan dan tekanan dalam mengayuhnya dapat diatur menyesuaikan dengan kemampuan kita.

Leg press machine

Alat fitness ini digunakan untuk latihan leg press dan berfungsi untuk membentuk otot paha dan otot betismu. Kamu bisa menambahkan tingkat kesulitan latihan leg press dengan mengatur beban sesuai dengan kemampuanmu.

Barbel

Alat ini dihubungkan batang besi yang panjang dan umumnya beban pada kedua sisinya dapat di bongkar pasang untuk mengatur beban agar sesuai dengan kemampuan penggunanya.

Alat ini harus digunakan dengan 2 tangan. Alat ini berfungsi untuk membuat otot bagian kanan dan kiri berkembang secara seimbang.

Dumbbell

Alat ini sangat praktis karena dapat dibawa kemana pun dan tidak perlu menggunakan ruangan yang luas ketika menggunakannya untuk berlatih. Berbeda dengan alat lainnya, alat ini dapat digunakan untuk variasi gerakan fitness yang tidak terbatas.

Latihan dengan dumbbell tidak mengisolasi otot tertentu sehingga akan mencegah pertumbuhan otot yang tidak sinkron dengan otot pendukungnya.

Aksesoris di tempat gym

Tidak hanya alat fitness yang digunakan untuk melatih otot-otot, aksesoris fitness juga diperlukan untuk mempermudah kamu melakukan latihan dan mengurangi risiko. Berikut macam-macam aksesoris fitness, antara lain:

Sarung tangan fitness

Sarung tangan fitnes merupakan alat yang penting dalam latihan angkat beban. Jika kita sering mengangkat beban berat berulang-ulang tanpa menggunakan pelindung tangan maka akan terjadi pengapalan di tangan kita.

Sepatu fitness

Setiap sepatu olahraga memiliki desain yang berbeda menyesuaikan dengan jenis olahraganya. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu memilih sepatu yang memang dirancang untuk latihan fitness agar mengoptimalkan latihan dan hasil yang kita dapat.

Sabuk fitness

Sabuk fitness sebenarnya berfungsi untuk menghindari risiko cedera pada punggung. Cedera punggung bisa diakibatkan karena postur tubuh kamu tidak baik ketika melakukan angkat beban.

Sabuk inilah yang dapat mempertahankan postur tubuh kamu agar terhindar dari cedera punggung.

Sangat penting untuk memilih dan menggunakan alat-alat tesebut sesuai dengan program fitness yang kita jalani agar latihan yang kita lakukan dan hasil yang kita dapat menjadi maksimal.

Kamu juga harus melakukan latihan gym secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Tetapi harus diingat jangan terlalu diforsir karena dapat membahayakan kesehatan kamu juga ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *