PULL UP

Manfaat Pull Up

1. Memperkuat otot punggung, lengan, dan bahu

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, salah satu manfaat pull up adalah untuk memperkuat otot punggung, lengan, dan bahu. Pull up harus dilakukan secara teratur jika Anda ingin meningkatkan kekuatan di area-area tersebut.

Otot-otot yang terlatih dengan pull up, antara lain:

  • Otot latissimus dorsi, yakni otot punggung atas yang membentang dari punggung bagian tengah hingga bawah tulang belikat dan bawah ketiak
  • Otot trapezius, yakni otot yang terletak dari leher hingga kedua bahu
  • Otot erektor spinae bagian atas, yakni otot-otot yang membentang di sepanjang tulang belakang bagian punggung atas
  • Otot infraspinatus, yakni otot punggung yang terletak di tulang belikat

2. Melatih kekuatan genggaman tangan

Pull up juga bisa meningkatkan kekuatan menggenggam Anda. Jika Anda suka melakukan olahraga angkat beban, panjat tebing, golf, atau tenis, tentu saja latihan ini sangat berguna.

Begitu pula dalam aktivitas sehari-hari. Membuka stoples, mengangkat belanjaan, atau bermain gitar  akan semakin mudah dilakukan jika Anda memiliki genggaman tangan yang kuat.

3. Meningkatkan kesehatan fisik

Pull up juga bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan fisik secara keseluruhan. Penelitian mengatakan bahwa melakukan latihan kekuatan, seperti pull up, secara teratur dapat membantu mengurangi lemak perut yang menempel pada organ dalam, mendukung kesehatan tulang, dan meningkatkan kesehatan jantung.

4. Menjaga berat badan ideal

Melakukan latihan kekuatan, seperti pull up, juga dapat menurunkan berat badan berlebih. Olahraga ini memang tidak membakar banyak kalori, tetapi ia akan meningkatkan metabolisme dan memperpanjang proses pembakaran kalori bahkan hingga setelah latihan selesai. Dengan begitu, berat badan ideal bisa terjaga dan Anda terhindar dari risiko obesitas.

5. Menjaga kesehatan mental

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, pull up juga bermanfaat untuk kesehatan mental Anda. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa latihan kekuatan dapat berpengaruh positif terhadap kesehatan mental. Latihan ini diyakini dapat:

  • Mengurangi gejala kecemasan
  • Meningkatkan fungsi kognitif, seperti cara pikir, daya ingat, dan ketajaman perhatian
  • Mengurangi risiko depresi
  • Meningkatkan harga diri

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *