Tips Memilih Sepeda Statis Untuk Pemulihan Cedera Patah Tulang

Cedera patah tulang pada kaki anda dapat mempengaruhi salah satu dari 3 tulang utama pada kaki, yaitu Femur, Tibia, Fibula. Menggunakan sepeda fitness statis untuk latihan pasca cedera dapat meningkatkan kekuatan otot dan fleksibilitas dan juga mempercepat masa penyembuhan sendi dan tulang dan yang terpenting dapat mengembalikan fungsi kaki anda sebagaimana mestinya. Para dokter juga sering menganjurkan untuk para pasien patah tulang terutama pada kaki, untuk melakukan penyembuhan dengan membeli sepeda statis agar digunakan di rumah.

Nah, berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat anda membeli sepeda statis untuk mempercepat masa penyembuhan tulang anda.

 

Ketinggian tempat duduk

Fitness bike yang disarankan untuk proses penyembuhan baik itu patah tulang atau pengapuran tulang dan sebagainya adalah yang mempunyai ketinggian tempat duduk yang tepat untuk penggunanya. Pastikan pengguna dapat menyentuh dan mengayuh sepeda statis dengan putaran sempurna. Dan pastikan katup untuk menyesuaikan ketinggian dan posisi kursi sudah aman dan kencang untuk menghindari gerakan yang tidak perlu saat latihan.

Tingkat berat kayuhan

Sepeda statis  yang tepat untuk pemulihan cedera adalah yang mempunya tingkat berat kayuhan yang pas dan sesuai dengan kondisi kaki kita yang sedang cedera. Tentu anda tidak ingin memperparah keadaan kaki yang sedang cedera, dengan mengayuh sepeda latihan anda dengan kayuhan yang berat. Maka pastikan terlebih dahulu set pada Level kayuhan yang terendah dan baru meningkatkan beban nya secara perlahan sesuai dengan kemampuan kaki anda.

Tipe sepeda fitness

Bergantung pada cedera yang anda alami, berbagai tipe sepeda fitness bisa digunakan selama masa pemulihan. Seperti sepeda statis yang berposisi tegak, yang mana anda duduk tegak lurus dan tangan memegang stang sepeda, dan ada juga tipe Recumbent Bike yang mempunyai kursi dan sandaran dibelakang yang mampu menahan berat badan, dengan sepeda Recumbent kaki anda lebih leluasa dan tidak terbebani dengan berat badan.

 

Pilihan Pedal

Sepeda statis untuk pemulihan cedera juga perlu memperhatikan fitur pada pedalnya. Bergantung pada jenis cedera yang dialami, beberapa jenis cedera tertentu menganjurkan untuk mengayuh pedal dengan arah yang terbalik atau ke belakang, berdasarkan American Academy of Orthopaedic Surgeons, Mengayuh ke arah terbalik mampu meningkatkan fleksibilitas sendi dan kekuatan otot pada saat masa pemulihan.

 

Penghitung waktu

Faktor selanjutnya yang mempengaruhi pemilihan sepeda fitness untuk pemulihan pasca cedera adalah dengan memilih sepeda statis dengan fitur Timer. Dengan fitur penghitung waktu ini mampu mengatur berapa lama kita akan berlatih, Sama halnya dengan stopwatch. Jika otot dan tubuh anda sudah mulai bertambah kuat, anda bisa menaikkan waktu untuk latihan, semakin kuat semakin lama. Naikkan 1 menit untuk tiap sesi latihan. Dengan adanya Built-in Timer pada sepeda maka akan semakin efektif latihan anda dan tentu cedera anda akan cepat pulih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *