Latihan Lari Diluar Ruangan Vs Lari Treadmill

Alat Gym Ini Bisa Membuatmu Tetap Bisa Berolahraga di Rumah

Jika dilihat sekilas, lari di luar ruangan dan di atas treadmill merupakan olahraga yang sangat mirip. Keduanya menggunakan kelompok otot yang sama, serta membutuhkan gerakan maju dan gerak tubuh. Terlebih lagi, kedua aktivitas ini dapat membantu meningkatkan kebugaran dan daya tahan kardiovaskular, mengurangi persentase lemak tubuh, serta mengencangkan dan memperkuat kaki dan inti otot. Namun, jika kita perhatikan lebih saksama, ada beberapa perbedaan antara lari di luar ruangan dan di atas treadmill. Mari kita lihat perbedaannya di bawah ini!

Lari di luar ruangan

Variasi rute
Hal yang baik mengenai lari di luar ruangan adalah bahwa Anda memiliki jumlah rute yang tak terbatas untuk dilalui. Anda mungkin ingin melalui rute yang berbeda tergantung dari suasana hati Anda. Contohnya, Anda bisa memilih rute linear untuk berlari ke arah tujuan akhir Anda. Atau Anda juga bisa memilih rute sirkular yang akan membawa Anda kembali ke tempat semula.

Namun, jika Anda ingin terus meningkatkan kebugaran Anda dan membakar jumlah optimal kalori, Anda harus mengubah rute lari Anda secara teratur untuk mencegah tubuh terbiasa dengan rutinitas Anda.

Variasi permukaan
Berlari di luar ruangan menantang Anda dengan permukaan rute yang tidak terduga dibandingkan dengan di atas treadmill. Hal ini memiliki manfaat sebagai latihan keseimbangan dan koordinasi. Anda harus bekerja keras untuk menjaga keseimbangan di medan yang tidak rata, seperti retakan di trotoar, gundukan di lapangan, dan lain-lain.

Permukaan jalan dan trotoar mudah untuk diprediksi. Jika Anda seorang pemula, berlari pada kondisi permukaan yang tergolong ringan ini mungkin adalah yang paling aman untuk dilakukan. Pastikan bahwa Anda memperhatikan rambu-rambu lalu lintas dan mengenakan pakaian dengan visibilitas tinggi. Anda sebaiknya tetap berada di atas trotoar jika memungkinkan, tetapi jika Anda harus berada di jalan raya, tetaplah berada di sisi jalan dan perhatikan setiap kendaraan yang melintas mendekati Anda.

Berlari di pasir akan menguji daya tahan Anda sehingga Anda akan membakar lebih banyak kalori. Terlebih jika pasir yang dipijak merupakan pasir yang lembut, Anda akan semakin sulit untuk bergerak maju, sehingga tenaga yang Anda keluarkan akan semakin besar.

Kondisi cuaca
Bila Anda ingin lari di luar ruangan, cuaca sering kali menjadi faktor penentu. Jika awan sudah mulai gelap atau ada rintik-rintik hujan, pasti Anda akan membatalkan keinginan tersebut. Namun, olahraga akan lebih efektif jika dilakukan secara teratur, seminggu sekali tidak akan cukup. Kita tahu bahwa Indonesia memiliki 2 musim. Jadi, ketika Anda lari di luar ruangan saat musim hujan, Anda harus memakai pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca saat itu.

Biaya
Salah satu keuntungan berlari di luar ruangan adalah Anda tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali. Anda mungkin akan keluar biaya untuk membeli beberapa perlengkapan yang dibutuhkan untuk berlari, namun hal itu tetap akan jauh lebih murah dibandingkan dengan bergabung dalam gym atau membeli treadmill.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *