3 Kriteria Untuk Memilih Matras Yoga Terbaik

3 Kriteria Untuk Memilih Matras Yoga Terbaik

Beberapa tujuan utama yoga adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri serta membuat diri kita lebih rileks. Meskipun matras yoga merupakan salah satu perlengkapan yoga opsional, banyak orang lebih memilih untuk menggunakannya karena selain lebih nyaman, matras yoga juga melindungi Anda dari permukaan tanah yang bisa menyebabkan luka. Jika Anda menggunakan matras yang bukan untuk yoga, matras yang ukurannya salah, atau matras biasa yang tidak membuat Anda tertarik untuk melakukan yoga, kemungkinan besar Anda akan merasa sulit untuk melepaskan semua beban dan memulai mempraktikkan yoga.

Apa Untungnya Melakukan Yoga?

Jika Anda baru mengenal yoga, Anda mungkin tidak menyadari bahwa yoga adalah sebuah disiplin yang telah ada sejak berabad-abad yang lalu dan berasal dari India. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang filosofi yoga.

3 Kriteria yang Perlu Dipertimbangkan ketika Memilih Matras Yoga Terbaik

Bahan

Bahan matras tentu akan memengaruhi kenyamanan Anda (dan akan semakin terasa ketika Anda melakukan suatu pose dengan duduk daripada dengan berdiri), serta tingkat kekesatannya. Matras yang paling kesat biasanya terbuat dari bahan PVC, tetapi, seperti yang Anda ketahui, kita sebaiknya menghindari bahan ini. Ketika Anda sudah berkecimpung di dunia yoga, Anda akan banyak menjumpai matras yang terbuat dari bahan ramah lingkungan atau bahan daur ulang (karet alami, goni, atau bahan TPE) dan memiliki tingkat kekesatan yang tinggi.Kestabilan, daya tarik, dan kenyamanan adalah tiga kriteria yang harus Anda cari. Untuk matras yang sangat tipis (antara 1 dan 2), Anda harus memilih matras dengan bahan anti selip di kedua sisi sehingga matras tersebut tidak akan tergelincir di lantai dan Anda tidak akan tergelincir di matras. Tergelincir saat melakukan pose (asana) yang rumit dapat menyebabkan cedera. Jadi, jangan mengambil risiko, dapatkan matras yang kesat. Dari segi bahan, ada matras yoga kesat, matras karet alami, matras yoga TPE, matras yoga katun dan rami, matras goni, dan matras yoga untuk bepergian. Tentunya, masing-masing jenis matras memiliki kekakuan, daya tahan, dan tekstur yang berbeda dan sebagian bahkan dapat membahayakan lingkungan. Oleh karena itu, alangkah baiknya Anda membeli matras yoga ramah lingkungan yang terbuat dari bahan daur ulang.

Ketebalan

Matras yoga memiliki ketebalan yang bervariasi antara 1mm sampai 15mm, mulai dari matras yang sangat tipis hingga matras yang lebih tebal yang biasanya digunakan untuk pilates. Yang paling tipis adalah matras yoga untuk bepergian yang ringan dan bisa dibawa ke mana saja. Matras yoga untuk bepergian lebih mudah diangkut dan biasanya dilengkapi dengan tali pegangan agar lebih mudah dibawa.Para yogi sering menggunakan matras ini sebagai alas kedua saat bepergian. Ada dua tingkat ketebalan matras yoga yang paling umum.

Matras standar (4mm)

Ini adalah tingkat ketebalan yang paling umum. Matras dengan ketebalan ini dapat menyerap tumbukan dan melindungi sendi Anda.Selain itu, Matras dengan ketebalan ini cenderung tidak mudah tergelincir dan dapat digunakan untuk semua jenis yoga.

Matras tebal (6mm)

Tidak terpaut jauh dari ketebalan standar, matras ini cocok untuk pose yoga yang lebih dinamis dan intensif, menawarkan kenyamanan lebih, bagus untuk posisi berbaring, dan masih bisa digunakan untuk pose yoga ringan. Namun, karena terlalu besar untuk dibawa-bawa, Anda hanya bisa menggunakannya maksimal di kebun depan rumah. Ini adalah matras yoga untuk penggunaan di dalam rumah. Matras dengan ketebalan lebih dari 6mm terlalu tebal untuk yoga. Sebuah matras yang memiliki ketebalan di atas 6mm tidak akan cukup stabil ketika digunakan untuk melakukan pose berdiri dan pose duduk. Anda perlu memilih matras yoga berdasarkan jenis yoga yang ingin Anda lakukan dan di mana Anda ingin melakukan yoga: di dalam atau di luar ruangan? yoga yang ringan atau dinamis? Akan lebih mudah bagi Anda untuk membuat keputusan setelah Anda mengetahui kriterianya.

Silahkan Kunjungi toko olahraga fitness jika anda tertarik untuk membeli produk ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *