Olahraga Fitnes Dengan Treadmill Untuk Program Turunkan Berat Badan

Tips memulai latihan Treadmill yang benar

Tips berikut akan sangat membantu dalam latihan treadmill bagi anda yang mungkin baru saja membeli treadmill ataupun baru ingin memulai latihan treadmill di Gym/ pusat kebugaran.

PemanasanLangkah pertama yang perlu dilakukan untuk berlatih treadmil adalah pemanasan, Jalan atau lari dengan kecepatan rendah sekitar 10 menit, kadang kita terasa sangat ingin segera memulai latihan utama, tapi jangan lupa, pemanasan hal yang penting untuk mencegah terjadi nya cedera.
Gunakan tingkat kemiringan pada Treadmill (Incline)Set sedikit tingkat kemiringan treadmill (Incline) sekitar 3%, dikarenakan tidak adanya hembusan angin dari depan jika anda berlatih di dalam ruangan, berbeda jika jogging atau lari di luar ruangan yang mungkin tubuh kita akan merasakan hembusan angin dari depan dan itu berpengaruh juga pada latihan.

Jangan berpegangan di Handrail (Stang pegangan tangan)beberapa orang beranggapan bahwa perlu berpegangan di handrail pada saat latihan. Padahal fungsi handrail hanya untuk membantu kita pada saat awal pertama kali naik, dan pada saat akan turun dari treadmill. Pada saat berlari, posisikan tubuh anda se natural mungkin seperti anda melakukan jogging di luar ruangan.

Pendinginan sesaat sebelum selesaiSangat mudah sekali saat anda sudah selesai berlatih treadmill, langsung melompat dari treadmill dan menyudahi latihan anda. Lakukan sekitar 5 menit untuk pendinginan, dengan cara berjalan cepat, atau lari kecil untuk menstabilkan detak jantung anda.

Jangan menyondongkan tubuhPada saat berlatih pastikan tubuh anda dalam posisi yang benar, tidak miring kedepan dikarenakan karpet treadmill menyeret anda ke belakang. anda harus dapat menyesuaikan kecepatan karpet treadmill dengan kaki anda. Jika posisi anda terlalu condong, kemungkinan bisa saja akan terjadi sakit punggung dan leher.

Perhatikan langkahUsahakan untuk menjaga langkah kaki agar tetap cepat dan pendek, jangan terlalu lebar untuk meminimalisir hentakan ke kaki anda. Cobalah untuk memposisikan langkah agar pada saat berlari yang anda gunakan adalah telapak bagian tengah. Bukan tumit atau ujung kaki.

Mendengarkan MusikWalaupun mendengarkan musik dengan headphone mungkin kurang aman, tapi mendengarkan lagu favorit anda saat berlatih sangat membantu untuk melawan rasa bosan dan menjadikan durasi latihan lebih lama. Pilih lagu dengan bit tinggi atau lagu yang memotivasi anda untuk tetap semangat dalam latihan.

Tetap TerhidrasiAnda akan kehilangan lebih banyak air di tubuh anda saat melakukan latihan treadmill di ruangan tertutup (indoor) dikarenakan suhu tubuh anda lebih panas dibanding berlatih di luar yang tentu anda akan merasakan hembusan angin yang membantu tubuh anda tetap dingin. Jadi temani latihan anda dengan sebotol air mineral untuk menjaga tubuh agar tetap selalu terhidrasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *